Berbagai Tanaman yang mengandung banyak manfaat

Salam ngadubanteng masbro ternyata masbro tanaman disekitar kita adalah tanaman yang hebat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit tentunya tapi tidak semua tanaman bisa digunakan sbegai obat ini masbro kumpulan tanaman obat herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk masbro Berbagai tanaman yang mengandung banyak manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

 Keji Beling
Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida
Manfaatnya: sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.

Sambiloto
Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide.
Manfaatnya:  berkhasiat melindungi hati, menekan pertumbuhan sel kanker

Handeuleum
Manfaatnya: mengobati wasir, memar dan sembelit

Tempuyung
Di dalam daun tersebut terkandung kalium berkadar cukup tinggi.
Manfaatnya:  berkhasiat menghancurkan batu ginjal

Bawang Putih
Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.
Manfaatnya: dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, mengurangi lemak, penyembuhan kolesterol tinggi, dapat memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar.

Belimbing Wuluh
Manfaat: menyembuhkan gusi berdarah, sebagai Obat Gondongan, Obat Rematik, Obat Sariawan, Obat Sakit gigi,  Obat Pagel linu, Obat Penghilang Panu

Beluntas
Daun beluntas digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare, serta mengobati sakit kulit.

Bunga Kenop
Bunga kenop berkhasiat sebagai obat batuk, obat sesak napas, peluruh dahak, Sakit Kepala,  Panas dan kejang pada anak karena gangguan hati, mimpi buruk pada anak,  obat radang mata, Disentri, dan  tidak lancar buang air kecil.

Cengkeh
Cengkeh adalah kuntum bunga kering yang dihasilkan dari pohon cengkeh
Manfaat: untuk menghilangkan bau mulut, Anti bakteri, anti virus dan anti septic, Merangsang aromatik pernapasan, mengatasi mual, muntah-muntah, perut kembung, lemas dan gangguan pencernaan, pembasmi kuman yang ampuh dan penyembuh luka serta dapat melegakan tenggorokan, menyembuhkan Kolera, sakit gigi, sakit telinga, sakit kepala, bermanfaat pula untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda, dengan meningkatkan sirkulasi darah akan menurunkan suhu tubuh

Daun Dewa
Efek farmakologis daun dewa adalah antikoagulan (koagulan=zat yang mempermudah dan mempercepat pembekuan darah), mencairkan bekuan darah, stimulasi sirkulasi, menghentikan perdarahan, menghilangkan panas,bisa mengatasi kejang pada anak, mengatasi luka terpukul, tak datang haid, pendarahan pada wanita, pembengkakan payudara, batuk, muntah darah, mengatasi kutil, tumor dan membersihkan racun.

Ciplukan
Manfaat: Influenza, Sakit tenggorok, Batuk rejan, Bronchitis, Gondongan, Pembekakan buah pelir, Bisul, Borok, Kencing manis, Sakit paru – paru, Ayan, Pembekakan prostat.

Jarak Bali
Manfaat: menyembuhkan Demam, bengkak terpukul, digigit ular berbisa, Menghilangkan sakit (analgetik), menghilangkan pembengkakan, menghilangkan racun.

Jati Belanda
Manfaat: mengatasi Diare, Sakit perut, Kolera, Penyembelit, Menguruskan badan,  Batuk, Perut kembung, Rasa sesak lambung

Kemuning
Manfaat: mengobati Bisul, Rematik, keseleo, memar, Sakit gigi, Melangsingkan badan, Datang haid tidak teratur

Kumis kucing
Daun kumis kucing basah maupun kering bermanfaat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Di Indonesia daun yang kering dipakai (simplisia) sebagai obat yang memperlancar pengeluaran air kemih (diuretik) sedangkan di India untuk mengobati rematik. Masyarakat menggunakan kumis kucing sebagai obat tradisional sebagai upaya penyembuhan batuk encok, masuk angin dan sembelit. Disamping itu daun tanaman ini juga bermanfaat untu pengobatan radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, albuminuria, dan penyakit syphilis.

Jahe
Jahe dapat digunakan sebagai bumbu masak, pemberi aroma & rasa pada makanan seperti roti, kue, biskuit, kembang gula & berbagai.minuman. Jahe juga dapat digunakan pada industri obat, minyak wangi, industri jamu tradisional, diolah menjadi asinan jahe, dibuat acar, lalap, bandrek, sekoteng & sirup. Dewasa ini para petani cabe menggunakan jahe sebagai pestisida alami. Dalam perdagangan jahe dijual dalam bentuk segar, kering, jahe bubuk & awetan jahe. Disamping itu terdapat hasil olahan jahe seperti: minyak astiri & koresin yg diperoleh dengan cara penyulingan yg berguna sebagai bahan pencampur dalam minuman beralkohol, es krim, campuran sosis & lain-lain.
Adapun manfaat secara pharmakologi antara lain adalah sebagai karminatif (peluruh kentut), anti muntah, pereda kejang, anti pengerasan pembuluh darah, peluruh keringat, anti inflamasi, anti mikroba & parasit, anti piretik, anti rematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung & getah empedu.


Pegagan
Manfaat dari pegagan :bisa dikonsumsi berupa herbal atau mentah ( orang sunda biasa di makan pakai sambal terasi atau sambal oncom), melancarkan jalan darah atau peredaran darah dan menambah napsu makan.

Murbei
Manfaat tanaman murbei diantaranya mengobati demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), kaki gajah (elephantiasis), radang mata merah (conjunctivitis acute), memperbanyak ASI, keringat malam, muntah darah, batuk darah, batuk berdahak, kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), tidak datang haid, gangguan saluran cerna, sesan napas (asma), cacingan, muka bengkak (edema), susah kencing (disuria), neurastenia, jantung berdebar (palpitasi), rasa haus dan mulut kering, susah tidur (insomnia), telinga berdenging (tinnitus), sembelit, tuli, vertigo, hepatitis, kurang darah (anemia), rambut beruban, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, sakit kulit, sakit pinggang (lumbago), serta dapat menyuburkan pertumbuhan rambut.

Sirih Merah
Tanaman sirih merah mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan tradisional, mempunyai potensi me-nyembukan berbagai jenis penyakit. Banyak pengalaman bahwa meng-gunakan sirih merah dalam bentuk segar, simplisia maupun ekstrak kapsul dapat menyembuhkan penya-kit diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, men-cegah stroke, asam urat, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit.

Rossela
Bunga Rosella dapat diseduh dengan air panas dan berkhasiat untuk memperlancar fungsi ginjal, mencegah masuk angin, membantu memperlancar pencernaan, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh.

Mahkota Dewa
Mahkota Dewa berkhasiat sebagai detoksifikasi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kadar gula darah, anti radang, mencegah pertumbuhan kanker, menurunkan asam urat. Buahnya bersifat sitotoksit terhadap sel kanker rahim dan sel leukemia. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini dapat dijadikan obat, mulai dari daging buah, kulit buah sampai daun. Daun dan kulit buah bisa digunakan dalam keadaan segar atau yang telah dikeringkan, sedangkan buahnya (daging buah) dapat digunakan setelah dikeringkan.
Selain khasiat yang telah disebutkan di atas, kulit dan daging buah dapat digunakan untuk mengobati disentri, psoriasis dan jerawat. Daun dan bijinya dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti ekzim dan gatal-gatal. Tetapi harus diwaspadai, karena bagian buah Mahkota Dewa mengandung racun terutama bijinya. Jika buah segar langsung dimakan dapat menyebabkan mulut bengkak, sariawan, mabuk, kejang hingga pingsan.

Waru
TB paru-paru, batuk, sesak napas,Radang amandel (tonsilitis),Demam,Berak darah dan lendir pada anak, muntah darah, Radang usus,Bisul, abses,Keracunan singkong, Penyubur rambut, rambut rontok, terlambat haid, demam, radang mata

Kelapa Hijau
bronchitis, demam, disentri, hepatitis, (akar), mencret, sakit perut, (arang tempurung), batuk darah, batu ginjal, cacing kremi, keracunan ikan, muntah darah dan pencahar daging buah), mencret, sakit perut dan bengkak (buah muda), nyeri pinggang, penawar racun, peradangan usus (air kelapa) perawatan rambut dan bahan pembawa ramuan luka bakar (minyak kelapa), obat kena racun makanan, frambusia, TBC (santan dan air buahnya), mencret, disentri,cholera, lemah syawat (akarnya),borok, demam nifas(bunganya),gigi rusak/berlubang, kencing nanah (minyak tempurungnya),wasir, adanya pengapuran pada air seni (daging buahnya).

Wijaya Kusuma
Tumbuhan wijayakusuma mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses

Pinang
Manfaat:
Biji:
Cacingan: taeniasis, fasciolopsiasis, Perut kembung akibat gangguan pencernaan,  Bengkak karena retensi cairan (edema), Rasa penuh di dada, Luka, Batuk berdahak,  Diare, Terlambat haid, Keputihan, Beri-beri, edema. Malaria, Memperkecil pupil mata (miosis) pada glaucoma.

Daun:
Tidak napsu makan,  Sakit pinggang (lumbago).
Sabut:
Gangguan pencernaan (dyspepsia), Sembelit,  Edema dan beri-beri

Buah Naga
Buah ini terkenal sebagai salah satu sumber betakaroten, provitamin A yang di dalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, reproduksi dan proses metabolism lainnya. Betakaroten juga merupakan anti oksidan, pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru. Selain itu buah ini juga mengandung sumber vitamin dan mineral yang sangat baik.
Dalam buah ini terkandung sumber vitamin B1, kalium, zat besi, protein serta kalsium. Zat-zat ini mampu menetralkan racun dalam darah, meningkatkan penglihatan dan mencegah darah tinggi.


Ginkgo Biloba
Ginkgo Biloba diketahui mengandung vitamin C dan ginkgolida, yaitu senyawa anti oksidan dan flavonoid. Senyawa inilah yang diyakini dan telah diteliti berperan penting untuk memperlebar sistim pembuluh paling kecil yaitu mikrokapiler, sehingga dapat meningkatkan fungsi organ tunggal terutama otak. Selain itu tumbuhan ini dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stress, mengusir sakit kepala, migraine, vertigo dan telinga yang berdenging

Jambu Biji
Manfaatnya: Sebagai bibit tanaman,  Dimakan langsung, dijadikan minuman sari buah, meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi, demam berdarah, Mengobati disentri, mencret, radang lambung, sariawan, keputihan,Mengawetkan telur ayam rebus, menyembuhkan luka,


Mengkudu
Manfaatnya:Disayur, menyembuhkan wasir, Anti oksidan, anti bakteri, anti radang, anti alergi, menjaga kesehatan tulang, anti kanker, menjaga kesehatan rambut dan kulit, mengatasi hipertensi, batuk, sakit perut, sakit kuning, demam, masuk angin, flu


Anting-anting
Manfaat: mengatasi disentri basiler dan disentri amuba, Diare, anak dengan berat badan rendah (malnutrition) dan gangguan pencernaan, Muntah darah, mimisan, berak darah (melena), kencing darah (hematuria), Malaria, bisul, koreng, luka berdarah, eczema, dermatitis, gigitan ular.


Alpukat
Manfaatnya:
Daging buah : mengatasi Sariawan, Melembabkan kulit kering.

Daun: Mengatasi Kencing batu, Darah tinggi, sakit kepala, Nyeri syaraf., Nyeri lambung, Saluran napas membengkak (bronchial swellings), Menstruasi tidak teratur.
Biji: mengatasi Sakit gigi, Kencing manis.

Adas

Manfaatnya:
Buah bermanfaat untuk mengatasi :
– sakit perut (mulas), perut kembung, rasa penuh di lambung, mual, muntah, diare,
– sakit kuning (jaundice), kurang nafsu makan,
– batuk berdahak, sesak napas (asma),
– haid: nyeri haid, haid tidak teratur,
– air susu ibu (ASI) sedikit,
– putih telur dalam kencing (proteinuria),
– susah tidur (insomnia),
– buah pelir turun (orchidoptosis),
– usus turun ke lipat paha (hernia inguinalis),
– pembengkakan saluran sperma (epididimis),
– penimbunan cairan di dalam kantung buah zakar (hidrokel testis),
– mengurangi rasa sakit akibat batu dan membantu menghancurkannya,
– rematik gout, dan
– keracunan tumbuhan obat atau jamur.

Daun berkhasiat mengatasi :
– batuk,
– perut kembung, koilk,
– rasa haus, dan
– meningkatkan penglihatan

Bidara
Manfaat: Mengatasi Demam, batuk, serak, Radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu, Typhus, sembelit, buang air besar darah dan lendir, Muntah darah, Kencing manis (DM), Batu kandung kencing, Keracunan makanan, gigitan ular, Kanker, kusta, syphilis, memperlancar keluarnya air susu ibu (ASI), obat luka terpotong, luka bakar, bengkak, penyakit kulit.


Beluntas
Manfaatnya: Menghilangkan bau badan, Gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu
makan, Menurunkan panas, peluruh keringat, TBC kelenjar leher, Nyeri pada rheumatik, sakit pinggang


Waluh
Hasil olahan dari waluh sangat banyak, seperti pengental saus tomat dan kelengkapan sayuran, produk awetan, cake, dan sebagainya. Beberapa keluhan sakit yang dapat diatasi dengan waluh antara lain cacingan, tekanan darah tinggi, arterostklerosis /penyempitan pembuluh darah, jantung, koroner, diabetes mellitus/kencing manis, menurunkan panas, memperlancar BAB, dan mencegah berkembangnya sel penyakit kanker, mengatasi kurang nafsu makan, menurunkan berat badan, dan untuk perawatan kecantikan.


Jarak
Manfaatnya: menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki, dan luka berdarah. Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik. Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Dengan penggunaan yang hati-hati, daun jarak pagar bahkan dapat digunakan sebagai obat pencahar ringan.
Minyak yang terbuat dari biji jarak, digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak, maupun terkilir

Temu putih/ Curcuma Zedoaria
Rimpangnya dipakai sebagai obat kudis, radang kulit, pencuci darah, perut kembung, dan gangguan lain pada saluran pencernaan serta sebagai obat pembersih dan penguat (tonik) sesudah nifas. Di samping itu temu putih (juga temu mangga, kunyit, dan mahkota dewa) juga diyakini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi ambeien,  tumor dan kanker

Kunyit Putih
Pemanfaatan kunyit putih untuk kesehatan antara lain :
Untuk menghambat laju perkembangan sel kanker dan mencegah kerusakan gen yang menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker, mengatasi masuk angin, mengatasi gangguan pencernaan,


Daun Dewa
Daunnya berkhasiat untuk mengobati luka terpukul, melancarkan sirkulasi darah,
menghentikan pendarahan, pembengkakan payudara, melancarkan haid, dan
lain-lain. Sementara umbinya berkhasiat untuk mengatasi bekuan darah
pembengkakan, pendarahan, tulang patah


Lidah Buaya
Manfaatnya: mengatasi diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.

0 Response to "Berbagai Tanaman yang mengandung banyak manfaat"

Post a Comment