Dampak SOPA dan PIPA di Dunia Internet

Mas bro salam ngadu banteng, saat jalan-jalan sama mbah google saya ketemu di daerah yang cukup ramai-ramai dikunjungi banyak pembaca tuh namanya SOPA sama PIPA makanan apakah itu? 

Setelah saya cicipi ternyata itu makanan yang sangat HOT juga masbro!! 
Jadi pemerintah Bule sana lagi menggalakan pemberantasan akasi pembajakan internet, yah tidak bisa dipungkiri lagi dalam sebuah dunia maya semua dan tak lagi hanya bajakan hasil kopas sana sini!! 
Oh ya apa itu SOPA dan PIPA nah ini kepanjangannya mas bro PIPA (Protect IP Act) dan SOPA (Stop Online Privacy Act) nah apa dampak SOPA adan PIPA ini oke ngadu banteng dengan tidak malu-malu akan mencomot artikel dari kaskus untuk anda he he...!!

PIPA dan SOPA

Jadi apakah PIPA dan SOPA ini? PIPA dan SOPA diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi Amerika Serikat untuk menghentikan pembajakan konten di Internet. Secara singkat PIPA dan SOPA menyatakan beberapa hal berikut:

Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat meminta penyedia layanan Internet untuk memblokir akses ke situs web dianggap sebagai penyedia tempat pelanggaran hak cipta.
Pemerintah AS dan organisasi perusahaan pemilik hak cipta dapat mengambil tindakan hukum untuk menggugat mesin pencari, situs blog, direktori, atau situs secara umum yang memiliki situs-situs terdaftar hitam untuk dihapus dari situs web mereka.
Jaksa Agung AS dapat membawa kasus ke pengadilan yang akan memaksa mesin pencari, pengiklan, penyedia DNS, server, dan prosesor pembayaran dari memiliki kontak apapun dengan situs yang diduga melanggar.
Prosesor pembayaran akan dapat memutuskan hubungan kerjasama dengan situs, dengan catatan mereka dapat memberikan alasan kuat bahwa situs tersebut melanggar hak cipta.

Dampak PIPA dan SOPA secara global

Tentunya, banyak aspek dari Internet yang akan berubah, salah satu implementasi yang akan dilakukan oleh PIPA dan SOPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan DNSSEC yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal-hal tersebut akan mengakibatkan masalah keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja Internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet:

Banyak blog atau situs-situs kecil yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.
Situs-situs web service dan sosial media seperti Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Vimeo, Flickr akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.
Inovasi dan perkembangan teknologi dari Internet akan melambat karena perusahaan-perusahaan baru harus dapat memenuhi standar dari PIPA dan SOPA.

Dampak PIPA dan SOPA di Indonesia

Secara garis besar, PIPA dan SOPA jika disetujui hanya akan berlaku di Amerika Serikat dan tidak di negara lain. Tetapi, jika ada yang menggunakan server-server di Amerika Serikat untuk hosting website, tentunya konten-konten website tersebut akan masuk ke dalam juridiksi hukum di sana. Memang secara langsung, PIPA dan SOPA ini tidak mempengaruhi jaringan Internet di Indonesia. Namun, bisa dibayangkan untuk kita yang sehari-hari menggunakan service-service sosial media seperti Facebook, Google, Twitter, YouTube, dan lain-lain; kebanyakan website-website ini akan menjadi target sasaran dari PIPA dan SOPA. Penggunaan Internet bisa dipastikan akan berubah jika PIPA dan SOPA diluluskan.

Gimana mas bro bisa bayangin ga? kalau SOPA sama PIPA bener-bener ditegakan di negara bule sana kita pasti juga kena dampaknya bukan he...!!

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12540718

0 Response to "Dampak SOPA dan PIPA di Dunia Internet"

Post a Comment