Panduan Budidaya Selada

SELADA
(Lactuca sativa L.)
Pendahuluan
Selada (Lactuca sativa L.) pada dasarnya termasuk ke dalam famili Compositae. Selada merupakan tanaman semusim. Selada mempunyai ciri diantaranya bentuk bunganya mengumpul dalam tandan membentuk sebuah rangkaian. Selada biasanya disajikan sebagai sayuran penyegar. Adapun kandungan vitamin yang terdapat di dalam daun selada diantaranya: vitamin A, Vitamin B, dan vitamin C yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Jenis Selada
Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) yang terkenal terdiri dari tiga jenis, yaitu selada mentega, selada tutup, dan selada potong. Selada mentega atau selada telur (kropsla) berkrop bulat, tetapi keropos (lepas). Selada jenis ini rasanya lunak dan enak, oleh karena itu selada jenis ini paling digemari. Keunggulan selada jenis mentega dibandingkan dengan jenis selada lainnya ialah selada ini tidak mudah rusak sehingga dapat dikirim ke tempat yang jauh. Sementara selada tutup (rangu) kropnya bulat, agak padat dan rasanya renyah. Sedangkan selada potong (cut-lettuce) kropnya lonjong atau bulat panjang, rasanya enak tetapi agak liat.
Selain jenis di atas,ada pula tanaman yang menyerupai selada baik syarat tumbuh maupun car tnam. Akan tetapi, rsnya agak pahit. Jenis selada yang dimaksud adalah Andewi (Cichorium endevia L.). Daun andewi ada yang berbentuk keriting dan ad pula yang halus dan lebar, namun andwi yang lebih terkenal adalah andewi yang berdaun keriting. Jenis selada lainnya adlah selada air (Nasturtium officinale R.Br.), tetapi selada air ini termasuk ke dalam famili Cruciferae (Bressicaceae). Tumbuhnya menjalar seperti tanaman kangkung dan bisa di tanam di rawa-rawa.

Masbro suka sama selada dan pengen jadi pembudidaya selada silahkan download panduan cara budidaya selada